Sabtu, 03 Januari 2009

apakah itu breakdance???

pembangkank
Breakdance adalah tarian yg memadukan seluruh gaya. Breadance juga merupakan perpaduan dari beberapa unsur gerakan tergantung selera. jenis musik, maupun keahlian crew maupun breaker’s


Di dalam breakdance terdapat empat struktur pokok yaitu :

- Top Rock.

- Foot Work.

- Frezze.

- Power Move.

Top Rock adalah gaya yang bertumpu pada gerakan kaki yang menari-nari, biasanya top rock dilakukan untuk menambah fondasi dari tarian tersebut, Top Rock juga harus mengikuti rythem atau ritme dari lagu yang dimainkan Dj, jadi kita tidak boleh membuat ritme sendiri. Karena dapat mengurangi penilaian jika melakukan battle.

Foot Work hampir sama dengan top rock, tetapi foot work biasa di lakukan dengan tubuh dibawah, contoh beberapa gerakan foot work : Helicopter, 3 step, 6 step, sweep, dll. Dalam foot work juga breaker’s (sebutan untuk bboying cowo maupun cewe) harus mengikuti ritme dari lagu yang dimainkan.

Frezze adalah gaya yang dipakai di akhir maupun di tengah – tengah tarian kita,frezze gerakan yang sangat – sangat membutuhkan kekuatan fisik, jika fisik tidak terlalu kuat, frezze yang dilakukan juga hanya sebentar (berkisar 1 detik – 3 detik) dan frezze yang di lakukan juga frezze tingkat mudah atau rendah. Contoh gerakan – gerakan frezze : baby frezze, chair, air baby, dll. Di sini breaker’s tidak harus mengikuti ritme dari musik, tetapi jika breaker’s ingin melakukan frezze harus disertai waktu yang tepat agar terlihat lebih baik atau menambah nilai didalam battle.

Power Moves adalah tarian yang melibatkan kekuatan tubuh dan kelenturan tubuh, biasanya power moves dan frezze yang membuat orang tertarik dalam breakdance, karena gaya – gayanya mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Power Moves tidak harus juga mengikuti ritme musik tetapi jika bisa mengikuti mungkin bisa menambah nilai dalam battle, contoh power moves : 1990’s, 2000’s, windmill, turtle, flare, headspin, handspin, dll.

Asal Mula: Dari Jalan Menjadi Tarian

One of the major breakdance street culture pushes was Michael Jackson's Robot dance, first performed on television in 1974. Th
One of the major breakdance street culture pushes was Michael Jackson's Robot dance, first performed on television in 1974. The performance received a large following with many later breakdance pioneers further popularizing breakdance in the late 1970s.

Breakdance mulai menunjukan geliatnya ketika DJ Koll Herc mulai menghasilkan musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman tersebut. Sebuah musik Hip Hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat. Ialah yang berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik. Selain sebagai DJ yang menciptakan sebuah musik yang sangat pas untuk breakdance, Koll Herc juga termasuk salah satu senior di dunia musik Hip Hop. Ialah yang pada saat itu rela menjadikan tempat tinggalnya sebagai markas untuk komunitas ini.

Michael Jackson adalah orang yang mendorong pertumbuhan Breakdance. Jacko mulai memperkenalkan robot dance atau gerakan yang menyerupai robot pada lagu-lagu yang dibawakannya pada tahun 1974 di penampilan perdananya di televisi. Selain itu, di setiap penampilannya Jacko juga selalu membawakan berbagai macam gerakan yang cukup melegenda, salah satunya ialah moon-walk. Jacko juga selalu menemukan tarian-tarian baru yang membuat siapa saja yang melihatnya langsung penasaran dan mencoba mengikuti gerakan yang dibawakannya. Pada saat itu memang hanya Jacko yang cukup melegenda dengan tarian-tarian yang langsung menyebar seperti virus dan membuat orang-orang berusaha mengikuti gerakan-gerakan yang dibawakanya.

Jika dilihat lebih jauh, jenis tarian ini telah lahir jauh sebelum Michael Jackson tampil di pertunjukan yang menghebohkan dengan robot dance-nya tersebut. Sang legenda musik Funk James Brown telah menunjukan sebuah tarian yang sedikit banyak juga memiliki gerakan yang mirip dengan breakdance.

Perkembangan jenis tarian yang satu ini pun sangat pesat, bahkan beberapa komunitas di Amerika mulai terbentuk. Pada tahun 1980'an, breakdance sudah menjadi seperti fashion di Amerika. Hampir di setiap malam di beberapa bagian kota terdapat beberapa komunitas yang saling menunjukan kebolehannya dalam melakukan jenis tarian ini, walau tidak sedikit yang berujung pada keributan. Cara mereka berkompetisi memang sangat mirip dengan dengan freestyle yang biasa ditemukan pada musik Hip Hop. Tidak hanya di jalan-jalan saja tarian ini ditemukan, karena club dan party pun menjadi lahan empuk bagi para breaker untuk menunjukan kebolehannya.

Setelah sempat menjadi "sampah" di beberapa tempat umum tersebut, akhirnya breakdance mulai menunjukan kelasnya. Pada akhir tahun1980, mulai banyak kompetis breakdance yang resmi bermunculan dan Battle Of The Year merupakan salah satu kompetisi yang sangat berkelas. Kehadiran kompetisi ini langsung diikuti dengan berbagai kompetisi lainnya yang seara tidak langsung mengangkat kelas jenis tarian ini.

Pada budaya Pop

Walaupun, breakdance dimulai pada golongan muda di gang jalanan. Sekarang, budaya breakdance menjadi sebuah disiplin yang baru diantara penari dan atlit. Budaya breakdance sekarang bebas dipelajari oleh ras, jenis kelamin , umur apa saja dan diterima secara mendunia.

Unsur-unsur yang bersangkutan dengan Breakdance
+Tarian
+Music
+Fashion
+Dll

Breakdance sebagai tarian rakyat

Ada beberapa akademisi yang tertarik apakah Breakdance bisa disebut sebagai tarian rakyat. Yang pada aslinya berasal dari Angola yang dibawa ke Brazil melalui perdagangan budak.

Kontroversi

Dengan tujuan rekreasi dan hiburan, tarin ini tidak mempunyai perdebatan atau kontroversi.

Asosiasi Geng

Orang sering menyatakan bahwa breakdance menggantikan pertarungan antara geng jalanan, karena beberapa percaya sebuah konsepsi yang salah mengenai b-boy yang memainkan peran mendamaikan persaingan antar geng. Keributan antar geng kelihatannya menjadi sebuah kontroversi pada awal sejarah breakdance.

Resiko Cedera

Breakdance mempunyai resiko cedera karena terlalu banyak berlatih atau tanpa pengawasan profesional. Breaker pemula harus berlatih dengan pengawasan profesional untuk mengurangi resiko cedera....................ciu...................zZzZzZzZ

7 komentar:

k3v1n mengatakan...

hi, loe ni kan penggemar breakdance kan?? begitu juga dengan wa, wa pun penggemar.
saya ni baru kelas 3 SMP n belajar breakdance ndri tanpa bantuan, namun saya yang terbaik di sekolah.
oh, ya, gw mao nanya ke elu, apa saja sih, jenis nama-nama breakdance??

ntah spt windmill, flare, dll.

uswatun mengatakan...

hei ewin,ni qt penggemar breakdance,ajarin qt dunnkks,cz qt pingin banget bisa breakdance,but qt di madura

limxiong mengatakan...

gw bru dfatar eh bole nyk ngk knpa gw buat windmild ggal mulu...apa sebab nya??

Acung Wen mengatakan...

eh lu lu lu pada.
gw juak penggemar BD (breakdance).
kwoakwoawakok.
gw bisa windmild tapi kagak sempurna.
eh nih buat limxiong windmild mu kurang bertenaga.
kakinya harus di ayunkan lebih kuat lgi.
mau koment kirim smske 085245148324

soft dead mengatakan...

gerakan yg dasar banget itu Top rock,itu harus bisa,itu dasar,trus kan soalnya abis top rock bljr lagi six step...nahh abis six step bisa lanjut ke move mana aja...

jadi intinya bljr move toprock sama sixstep dulu dah..

panji nagu sina mengatakan...

gw panji gw bisa gerakan break dance tapi gw ga tau nama2 nya
oyah u kan pd pencinta jg plis bagi nama2nya

Sang Raja mengatakan...

Jual Obat Aborsi Manjur
Obat Aborsi Asli